Kamis, 03 Agustus 2017

Filsuf – Ahli Matematika- Agamawan : PYTHAGORAS

Terdapat Rumus ‘Pythagoras’ dalam pelajaran matematika. Menurut Pythagoras kombinasi angka mendominasi angkasa. Pythagoras lahir di pulau Samos, daerah Lonia Laut Aegean sebagai putra seorang pedagang. Setelah tumbuh dewasa, dia mulai mengunjungi banyak tempat, termasuk mesir , untuk mengumpulkan pengetahuan. Pythagoras berusaha keras untuk menemukan sumber dari segala sesuatu. Dan diapun mengungkapkan bahwa angka adalah dasar dari segalanya.

Dunia terbentuk dari titik, garis, sisi, dan ruang. 1 adalah titik, 2 adalah garis, 3 adalah sisi (bidang), dan 4 adalah ruang. Dia membuat angka-angka 1, 2, 3, dan 4 yang jika di jumlahkan menjadi 10. Diapun berpendapat bahwa keindahan dan keharmonisan musik dapat dibentuk melalui angka. Dan ditemukan bahwa nada oktaf, interval 5m interval 4 yang sempurna dihasilkan melalui perbandingan panjang senar.

Bunyi-bunyi tersebut mempunyai frekuensi vibrasi yang tetap. Jiak diharmoniskan dengan perbandingan matematika yang tepat, akan menjadi lagu merdu. Tapi, jika perbandingannya tidak sesuai, tidak menimbulkan suara.

Selain musik, dia juga menemukan bahwa objek astronomi bergerak menurut perbandigan angka. Dan Pythagoras jugalah yang pertamakali menyebut angka sebagai ‘Kosmos’. dengan demikian, Pythagoras berpendapat bahwa segala sesuatu terbentuk dari struktur angka.

Setelah Pythagoras, banyak bermunculan kosakata yang dijelaskan dengan angka. Contohnya : PR sudah selesai?.... Sudah 34%. Manusia lepas dari mitos dan beralih kedunia yang lebih rasional dan ideal.

Selain dikenal sebagai filsuf dan ahli matematika Pythagoras juga menjadi seorang agamawan. Dia mendirikan kelompok pengetahuan agama di pulau Croton, Italia, dan hidup berkelompok bersama murid-muridnya. Orang-orang yang mengikuti teori Pythagoras disebut  ‘Pythagoras Fans’. Mereka aktif hingga abad ke 4 SM dan memberi pengaruh bagi para filsuf lainnya.


Ref: Lee Young il & AHN Hyung mo (2014), Filsafat Barat: 100 Filosofi

1 komentar:

Makanan gratis

Menurut teman-teman, makanan apa yang paling enak?....  Kalau bagi aku sih makanan yang gratis, enak banget itu.. Siapasih yang dak suka ...