Minggu, 06 Agustus 2017

Empedocles dan Anaxagoras (Abad ke 3 SM)

Empedocles dan Anaxagoras melihat bahwa dasar pembentuk segalanya tidak hanya satu, tetapi bermacam-macam.
Empedoclas lahir di kota tua Acragas, sebelah barat daya Cicilia. Dia pernah nekat terjun kedalam kawah gunung berapi untuk membuktikan bahwa dirinya adalah dewa. Ia jua mengatakan bahwa dasar segalanya adalah api, air, udara dan tanah. Ia juga mengatakan bahwa 4 dasar tersebut sebagai akar dunia. Jika keempat unsur tersebut digabungkan, segala sesuatunya akan terbentuk dan juga menghilang.dia berkata bahwa semua itu berhubungan dengan perasaan cinta dan benci. Jika rasa cinta lebih kuat, unsur-unsur tersebut akan menyatu. Tapi, akan terpisah jika rasa benci lebih kuat.
Empedocles juga tertarik pada teori yang mengatakan bahwa angkasa terbentuk melalui pusaran. Elemen-elemen yang berpencar akan tertarik ke pusaran dan bersatu kemudian membentuk benda-benda langit. Pusarak akan terus bergerak sehingga selanjutnya akan terpisah dan membentu atmosfer.
Anaxagoras lahir di Klazomenai, sebuah kota jajahan  Yunani di Asia Kecil. Berbeda dengan Empedoclas, Anaxagoras mengatakan bahwa unsur segalanya bisa lebih dari 4. Dunia ini punya banyak unsur yang tak terhitung dan disebut sebagai Benih Segalanya. Pembentukan segala sesuatu di dunia bisa di jelaskan sesuai dengan cara penggabungan benih tersebut.
Anaxagoras menggerakkan benih dan membentuk segala sesuatu, kemudian menyebut kekuatan yang membuat perubahan itu dengan nous. Jadi nous itulah yang dimaksudkan para filsuf sebelum Anaxagoras.
Benih alam semesta awalnya tidak beraturan, kemudian menemukan sistem karena adanya aktivitas nous (rasional).
Kekuatan yang mengatur gerakan alam dengan menerapkan sistem pada semua benda, inilah yang disebut nous.
Anaxagoras adalah tokoh yang pertama kali mengawali pemisahan akal sehat dengan materi. Pemikirannya mempunyai nilai penting dilihat dari penjelasan bahwa semangat membentuk prinsip yang terutama.


Ref: Lee Young il & AHN Hyung mo (2014), Filsafat Barat: 100 Filosofi

1 komentar:

Makanan gratis

Menurut teman-teman, makanan apa yang paling enak?....  Kalau bagi aku sih makanan yang gratis, enak banget itu.. Siapasih yang dak suka ...