Senin, 07 Agustus 2017

Sang penggagasa Teori Atom Democritus

Apa kalian tahu tentang atom?.....

Teori atom modern muncul pada abad ke 19. Namun, teori tersebut sudah ada sejak masa klasik.  Kata atom berasal dari bahasa Yunani yang berarti sesuatu yang tidak dapat dipecah lagi. Dan salah satu tokoh yang mengenalkan teori atom adalah Democritus. Menurutnya Atom adalah dasar segalanya.

Democritus lahir di Abdera, Pantai Thrace, timur laut Yunani. Ia mempunya banyak pengalaman saat berkunjung  ke Babilonia, Mesir, dan negara-negara lainnya. Ia juga banyak meneliti di bidang filsafat, kesustraan, astronomi, etika dan lain-lain. Ia mewariskan teori atomnya kepada penerusnya yaitu Leucippus.

Menurut Democritus, pemotongan apel dengan pisau di sebabkan karena proses itu melalui ruang hampa diantara sesama atom. Meskipun termasuk dalam benda abadi, atom dapat bergerak karena adanya udara hampa.

Democritus menyebut akal sehat sebagai derivasi dari amteri, sehingga terciptalah teori materialisme. Apakah arti materialiseme?.... ini adalah teori yang menyatakan bahwa materi adalah dasar segalanya dan akal sehat merupakan tindakan  dari materi.

Atom yang berjumlah tak terhingga tersebut terbang ke mana-mana dan berbenturan dengan udara hampa. Dan semua materi di dunia ini akan terbentuk denagn menempelnya atom satu sama lain. Jika atom-atom pembentuk materi terpisah materi itu akan hancur dan mati.

Sifat dan proses pembentukan materi berbeda-beda sesuai bentuk, ukuran, letak, dan pengelompokkan atom.
·         Atom berbentuk bulat : mengeluarkan rasa manis
·         Atom berbentuk piramid: mengeluarkan rasa panas
·         Atom berbentuk kubus: mengeluarkan rasa asin

Democritus juga menegaskan bahwa roh, rasio, bahkan perasaan merupakan benda mikroskopis yang terbentuk dari atom. Pemikirannya dipengaruhi oleh para filsuf dan penulis puisi klasik seperti Epikurus dan Lucretius. Tetapi, karena itu merupakan filsafat yang sudah lama berlalu, dia mendapatkan penolakan dari beberapa pihak, terutama penganut agama kristen.

Saat masa revolusi ilmu pengetahuan pada abad ke 17 , kemudian menjelang aband ke 19 muncul bentuk baru teori atom oleh John Dalton.

Tentu saja teori atom Democritus mempunyai banyak perbedaan dengan teori atom masa kini. Berbeda dengan para filsuf sebelumnya , teori Democritus banyak memberikan pengaruh pada ilmu pengetahuan modern . Teori atom Democritus dapat dikatakan sebagai teori terbaik pada masanya sebelum kemunculan Socrates.



Ref: Lee Young il & AHN Hyung mo (2014), Filsafat Barat: 100 Filosofi

1 komentar:

Makanan gratis

Menurut teman-teman, makanan apa yang paling enak?....  Kalau bagi aku sih makanan yang gratis, enak banget itu.. Siapasih yang dak suka ...